
Mereka memiliki strategi filosofis yang lebih baik.
Mereka mendekati semua orang yang mereka pergauli dengan cara yang sama
sekali berbeda dan lebih efektif daripada yang dilakukan orang lain. Dan
strategi mereka sering sulit bagi orang lain untuk bayangkan. Tapi anda
akan segera mempelajarinya.
Dalam buku ini, kata "klien" akan digunakan sebagai
ganti "pelanggan." Ini bukan hanya untuk menghindari frasa "pelanggan
dan/atau klien," tapi juga karena ia membantu mendefinisikan arti
Strategi Keunggulan.
Definisi Kamus Webster atas dua kata yang nampak identik ini adalah:
Pelanggan: Orang yang membeli komoditas atau jasa.
Klien: Orang yang berada di bawah perlindungan lain.
Pelanggan: Orang yang membeli komoditas atau jasa.
Perbedaan maknanya sangat besar. Dan ada perbedaan
besar dalam
cara orang yang berbisnis dengan Anda bisa atau perlu diperlakukan.
Jika dalam bidang Anda orang-orang ini disebut "pelanggan," tidak
apa-apa. Tapi apa pun Anda menyebutnya, selalu anggap mereka sebagai
"klien."
Apa tepatnya yang dimaksud dengan "di bawah
perlindungan Anda"? Dalam hal ini ia berarti bahwa Anda tidak menjual ke
orang-orang sebuah produk atau jasa hanya agar Anda bisa hasilkan
keuntungan satu-kali sebesar
mungkin. Anda harus pahami dan hargai apa persisnya yang para klien Anda
butuhkan saat mereka berbisnis dengan Anda—sekalipun mereka tidak mampu
mengutarakan hasil persis itu sendiri.
Begitu Anda tahu apa hasil akhir yang mereka
butuhkan, Anda membawa mereka kepada hasil itu—Anda menjadi penasihat
tepercaya yang melindungi mereka. Dan mereka punya alasan untuk tetap
jadi klien Anda
sepanjang hayat.
Misalnya, seorang pria yang pergi ke toko hardware
untuk membeli bor listrik tidak benar-benar membutuhkan bor—ia
membutuhkan lubang.
Dia memiliki kebutuhan keuangan, emosional, logis atau intelektual
terhadap lubang. Dia mungkin kira dia inginkan bor. Tapi adalah tanggung
jawab Anda untuk menentukan kebenaran sejatinya dan kebutuhannya
sesungguhnya. Tanggung jawab dan peluang Anda bukanlah hanya untuk
menjual kepadanya sebuah bor. Anda harus pahami cara memuaskan kebutuhan
keuangan, emosional, logis atau intelektualnya terhadap lubang dan
memastikan bor yang dia beli dari Anda akan memecahkan masalahnya dan
memberinya lubang-lubang persis yang dia butuhkan.
Atau mungkin dia kira dia inginkan lubang, tetapi
saat Anda ketahui bahwa ia perlu memasukkan batang-batang dalam
lubang-lubang ini, Anda sadar bahwa pengencang akan bekerja lebih baik
daripada lubang. Jadi Anda menjual pada klien itu beberapa pengencang.
Anda telah benar-benar memecahkan masalahnya.
Anda juga telah menjadi penasihat tepercaya dan
teman. Dan Anda perlu menganggap para klien anda sebagai "teman-teman
berharga." Konsep memandang klien sebagai teman berharga akan sering
muncul dalam buku ini dan demi alasan yang baik—itulah hakikat dari
Strategi Keunggulan dan urat nadi suatu hubungan tahan lama, bermanfaat
dan menguntungkan bagi Anda dan para klien Anda. Dan Anda akan belajar
bahwa nilai yang Anda berikan kepada klien Anda dan semua orang yang
berurusan dengan anda bisa lebih dalam, lebih bermakna dan bermanfaat
daripada yang
Anda pernah sadari.
Royal Bank of Scotland mengeluarkan dua kartu
penguang-cek keamanan-tinggi kepada para klien warianya—satu dengan foto
mereka yang berpakaian sebagai seorang pria, dan satunya sebagai
wanita. Seorang juru bicara bank mengatakan: "Jika ada klien waria pergi
berbelanja berpakaian sebagai wanita, mungkin bagi mereka untuk
memiliki kartu kedua sehingga mereka bisa menghindari rasa malu atau
kesulitan ketika membayar dengan cek."
Seorang pria dijebloskan ke tahanan menyusul
pertikaian mabuk selama pertandingan football Texas Oklahoma. Pagi
besoknya sang hakim Oklahoma tetapkan uang jaminan sebesar $ 250, tetapi
pria itu jauh dari rumahnya di Dallas dan tidak punya kenalan di kota.
Pria itu mengeluarkan kartu kredit Neiman-Marcus-nya. Dia menghubungi
seorang wakil presiden Neiman-Marcus, yang mengatur agar uang jaminan
itu ditagihkan pada rekeningnya, dan pria itu dibebaskan.
Begitu Anda pahami cara memikirkan orang-orang yang
bekerja dengan Anda, kami akan mulai meningkatkan penghasilan dan sukses
Anda...
No Responses to "Ruh Bisnis Anda - Strategi Keunggulan"
Posting Komentar